Visi dan Misi

Visi, misi, tujuan dan sasaran serta strategi Departemen Ilmu Ekonomi, FEM-IPB tidak terlepas dari Visi dan Misi institusi induknya yaitu Institut Pertanian Bogor, dan Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM). Penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran serta strategi tersebut dilakukan melalui proses penelaahan yang cukup panjang mulai dari diskusi pakar (guru besar dan dosen senior di bidang ekonomi yang ada di lingkungan Departemen Ilmu Ekonomi yang sekaligus merupakan pencetus berdirinya FEM dan Departemen Ilmu Ekonomi, dosen Departemen Ilmu Ekonomi, alumni, mahasiswa dan stakeholder melalui berbagai diskusi maupun lokakarya yang melibatkan semua staf akademik dan stakeholder terkait. Visi dan misi ini selanjutnya menjadi dasar penyusunan Rencana Strategis (Renstra) Departemen Ilmu Ekonomi.

Menurut Peraturan Pemerintah RI Nomor 66 Tahun 2013 Tentang STATUTA IPB, Departemen adalah unsur dari fakultas yang mendukung penyelenggaraan kegiatan akademik dalam satu atau beberapa cabang ilmu pengetahuan, teknologi, humaniora, dan/atau seni dalam jenis pendidikan akademik, profesi, atau vokasi. Departemen Ilmu Ekonomi IPB menawarkan konsep pemahaman mengenai pembangunan sebagai transformasi masyarakat secara menyeluruh, yang tidak terpaku pada aspek teknik ekonomi semata, tetapi juga memperhatikan secara seksama keterkaitannya dengan aspek fisik-kimia-biologik, sosial kelembagaan dan aspek politik yang lebih berorientasi pada keberlangsungan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Cara pandang holistik mengenai dinamika dialetika antara sesama sistem sosial (social system) yang berevolusi dengan sistem ekologis (ecosystem) inilah yang menjadi pembeda Departemen Ilmu Ekonomi IPB dengan departemen sejenis di perguruan tinggi lainnya di nusantara. Cara pandang holistik ini memiliki makna bahwa pendekatan ekonomi tidak dapat dilepaskan dari pemahaman mengenai aspek sosial, kelembagaan lingkungan sekitarnya, aspek politik dan aspek fisik–kimia-biologis yang melatarbelakanginya. Keempat aspek tersebut merupakan syarat kecukupan bagi pemahaman masalah ekonomi yang menunjang syarat keharusan yaitu teori ekonomi itu sendiri.

Dalam konteks keilmuan, kekhasan yang dimiliki Departemen Ilmu Ekonomi adalah sebagai suatu departemen di IPB yang bertanggung jawab terhadap pengembangan ilmu ekonomi, baik yang bersifat teori ekonomi maupun ekonomi terapan, yang dapat menunjang perkembangan pertanian secara luas dalam rangka mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh bangsa Indonesia. Dengan keunikan tersebut, Departemen Ilmu Ekonomi FEM IPB akan dapat menjadi pusat unggulan dalam pendidikan, penelitian dan pelayanan pada masyarakat wilayah tropika dalam bidang ekonomi, terutama, jika dibingkai dalam suatu proses manajemen yang baik dan terukur dengan mekanisme peningkatan kualitas yang bersifat terus menerus (continous improvement). Pemahaman yang bersifat holistik dengan pendekatan yang bertumpu pada analitik kuantitatif dan kualitatif yang kuat, dan didukung proses manajemen yang berkualitas akan menjadikan lulusan Departemen Ilmu Ekonomi memiliki kemampuan yang tinggi dalam persaingan yang ada ataupun secara mandiri mampu menciptakan lapangan usaha.

Visi
Visi Departemen Ilmu Ekonomi IPB adalah sebagai pusat unggulan pendidikan, penelitian dan pelayanan pada masyarakat wilayah tropika dalam bidang ekonomi yang berwawasan holistik dan berorientasi pada keberlangsungan pembangunan ekonomi berkelanjutan bagi peningkatan kesejahteraan umat manusia.

Misi
Berdasarkan Visi Departemen Ilmu Ekonomi IPB yang telah ditetapkan, maka untuk mencapai Visi tersebut, dirumuskan misi departemen. Misi Departemen Ilmu Ekonomi adalah menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pelayanan pada masyarakat yang berkualitas dalam bidang ekonomi yang berwawasan holistik, melalui pendekatan inovatif dengan mengembangkan budaya dan sikap bekerjasama seraya berkompetisi (competition) disertai semangat prima (spirit of excellent) dalam diri para pemegang amanat (stakeholder)-nya untuk keberlangsungan pembangunan ekonomi berkelanjutan bagi peningkatan kesejahteraan umat manusia.