Tim PKM PSH Departemen Ilmu Ekonomi IPB Memperoleh Medali Perunggu

0
282

Tim PKM PSH Departemen Ilmu Ekonomi IPB yang terdiri dari Siti Mardiah, M. Ainun Na’im, dan Ade dwi Aryani dibawah bimbingan Dr. M. Findi A berhasil memperoleh medali perunggu kategori presentasi dalam ajang PIMNAS XXI yang diadakan di Universitas Negri Yogyakarta pada 29 Agustus sampai dengan 1 September 2018. Kegiatan tersebut merupakan ajang tahunan kemenristekdikti untuk menumbuhkan dan menjadi wadah menumbuhkan kreativitas mahasiswa di seluruh penjuru Nusantara. Ajang tersebut diikuti oleh lebih dari 100 perguruan tinggi yang lolos seleksi ketat dalam tingkat perguruan tinggi maupun nasional.

Dalam ajang tersebut, Siti Mardiah dan tim mengangkat sebuah topic penelitian yang membahas kebijakan pembayaran tol menggunakan e-money. Kebijkan tersebut mulai efektif diberlakukan semenjak oktober 2017. Output dari penelitian tersebut adalah menganalisa tingkat efektivitas dari system pembayaran penggunaan e-money pada jasa jalan tol dengan studi kasus di jalan tol jagorawi serta memberikan rekomendasi kebijakan agar kebijakan tersebut semakin efisien lagi kedepannya.

Proses penelitian tersebut diawali dengan pengumpulan data melalui wawancara kepada responden yang merupakan pengguna jasa jalan tol jagorawi, kemudian dilanjutkan dengan analisis data menggunakan metode IPA dan CSI untuk memperoleh hasil dan mengajukan policy brief kepada para stakeholder penyedia jasa jalan tol. Dengan bantuan dosen pendamping dan dukungan IPB pada umumnya, tim PKM PSH IESP IPB berhasil memperoleh hasil yang memuaskan dalam kategori presentasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here