STUDENT EXCHANGE PROGRAM SUIJI – SLP 2018

0
220

Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Menjadi Delegasi IPB di
SUIJI-SLP 2018 di Jepang

Hadi Johar Prakoso, salah satu mahasiswa Ekonomi Pembangunan ambil bagian dalam acara The Six University Indonesia Japan Initiative Service Learning Program (SUIJI-SLP) di Jepang. Kegiatan yang berlangsung 15 Agustus hingga 4 September tersebut diikuti oleh peserta dari Indonesia Jepang dan enam mahasiswa dari Malaysia serta satu mahasiswa dari Amerika. Kesempatan menjadi delegasi IPB pada SUIJU-SLP 2018 di Jepang menjadi pengalaman yang berharga untuknya. Ia berperan aktif dalam berbagai diskusi tentang Sustainable Tropical Agriculture dan isu-isu pertanian lainnya.

Muroto, merupakan salah satu tempat pelaksanaan SUIJI-SLP 2018. Bertempat di tepi pantai yang langsung berhadapan dengan samudra Pasifik memiliki karakteristik pertanian yang berbeda dengan daerah pada umumnya. Sangat menarik menganalisis kegiatan masyarakat lokal yang berhubungan dengan pertanian, banyak pengetahuan baru yang didapat ujar Hadi yang selama sebelas hari ditempatkan di Muroto. Pengalaman lain yang juga menarik adalah saat belajar bagaimana mengerti maksud orang lain sedangkan terdapat perbedaan bahasa, namun itu bukan menjadi masalah yang berarti, tambahnya.

Berbekal pengetahuan yang didapat di kampus Hadi mampu berperan aktif dalam kegiatan SUIJI-SLP di Jepang. Selain mendapat pengetahuan baru ia juga mendapat relasi dari negara lain, pengalaman yang tidak bisa didapat jika hanya duduk di bangku kuliah. Hadi juga berharap pada tahun-tahun berikutnya mahasiswa Ekonomi pembangunan ada yang berpartisipasi dalam kegiatan SUIJI-SLP.

Departemen Ilmu Ekonomi
Fakultas Ekonomi dan Manajemen
Institut Pertanian Bogor

Download Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here