Sejarah

Departemen Ilmu Ekonomi (D-IE) didirikan untuk menjawab mandat perguruan tinggi dalam pengembangan ilmu-ilmu ekonomi dan manajemen untuk mengawal pembangunan pertanian khususnya dan pembangunan ekonomi Indonesia pada umumnya. Bersama Departemen Manajemen, Departemen Ilmu Ekonomi menjadi departemen yang pertama kali berdiri di bawah Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB dan kelahirannya secara formal tercantum di dalam prasasti yang ditandatangani oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Megawati Soekarno Putri, pada tanggal 6 April 2001. Di dalam prasasti tersebut dinyatakan bahwa:

”Disadari bahwa pilar utama pembangunan ekonomi berkelanjutan adalah pembangunan pertanian yang seluas-luasnya ditujukan bagi kesejahteraan bangsa dan negara secara berkeadilan. Untuk itu, keberadaan Fakultas Ekonomi dan Manajemen – Institut Pertanian Bogor akan memperkuat kemampuan makro dan mikro ekonomi pertanian Indonesia.”

Bogor, 6 April 2001

Wakil Presiden RI

Megawati Soekarno Putri

Pada awalnya, D-IE yang dulu masih menjadi Program Studi (PS) Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (IESP) langsung berada di bawah manajemen Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM), IPB yang didasarkan pada SK Rektor IPB Nomor: 084/k13.12.1/OT/2001 tanggal 19 Juni 2001. Berdasarkan SK tersebut, FEM didirikan dengan 2 (dua) Program Studi yaitu PS-IESP (Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan) dan PS-MAN (Manajemen)) yang diposisikan sebagai pilot project untuk menjadi unit institusi yang mengembangkan otonomi dan desentralisasi secara penuh. Pada tahun 2005 berdasarkan SK Rektor No. 001/K13/PP/2005, terjadi perubahan yaitu PS IESP menjadi Departemen Ilmu Ekonomi. Sejak saat itu PS IESP menjadi salah satu program studi di Departemen Ilmu Ekonomi dengan pemberlakuan kurikulum MaMi (Mayor Minor). Semenjak tahun ajaran 2010-2011, dibuka program studi baru dibawah Departemen Ilmu Ekonomi, yaitu Program Studi Ilmu Ekonomi Syariah. Disamping itu, pada level strata 2 (S2), Departemen Ilmu Ekonomi memiliki 1 Program Studi, yaitu: Ilmu Ekonomi

Dalam proses metamorfosanya, Departemen Ilmu Ekonomi (D-IE) terus berkembang secara cepat dan dinamis mengikuti tantangan zaman. Proses metamorfosanya tidak terlepas dari proses perpindahan lokasi home base sekretariat dan kampus. Hingga kini, D-IE tercatat mengalami perpindahan lokasi sebanyak 4 kali, yaitu:

Kampus Taman Kencana Bogor — Periode 2000-2004

Kampus Jl. Kumbang Bogor – Periode

Kampus IE Wing Rektorat lantai 3 Darmaga — Periode 2004-2011

Kampus IE Gedung FEM Lantai 2 Jln Kamper Darmaga — Periode 2011-sekarang

Semenjak pendiriannya, Departemen Ilmu Ekonomi (D-IE) telah mengalami pergantian kepemimpinan sebanyak 3 kali, yaitu:

1. Periode 1 (2001-2005)

Ketua : Dr. Sri Hartoyo

Sekretaris : Dr. Arief Daryanto (2001-2003), Dr. Alla Asmara (2003-2005)

2. Periode 2 (2005-2009)

Ketua : Prof. Rina Oktaviani

Sekretaris : Dr. Nunung Nuryartono

3. Periode 3 dan 4 (2009-sekarang)

Ketua : Dr. Dedi Budiman Hakim

Sekretaris : Tanti Novianti, M.Si.

Setelah IPB melakukan restrukturisasi organiasasi yang dimulai pada bulan September 2005, semua Program Studi yang berhubungan dengan ekonomi dimasukkan dalam Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM). Karenanya sejak saat itu, FEM terdiri dari 4 Departemen: Departemen Ilmu Ekonomi, Departemen Manajemen, Departemen Agribisnis, dan Departemen Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan.