Rencana Strategis

Sasaran pengembangan Departemen Ilmu Ekonomi mengacu pada pengembangan IPB yang disesuaikan  dengan ruang lingkup tugas, mandat dan kompetensi yang dimiliki Departemen Ilmu Ekonomi.  Terdapat 4 Sasaran  pengembangan Departemen Ilmu Ekonomi,  yaitu:

  1. Peningkatan kualitas input, proses akademik dan non akademik, serta output, sehingga pada akhirnya mampu mengidentifikasi dan memiliki pemahaman yang kuat terhadap permasalahan mikro dan makro dan memberikan solusinya menurut sistematika ilmiah.
  2. Peningkatan kemampuan organisasi dan softskill sehingga mampu beradaptasi dengan perubahan lingkungan di mana alumni berada.
  3. Internasionalisasi standar   mutu penyelenggaraan akademik dan riset
  4. Peningkatan jumlah publikasi berskala nasional maupun internasional

Sasaran  Departemen  Ilmu Ekonomi tersebut memiliki keterkaitan yang kuat dengan rencana pengembangan IPB, yaitu: 1) Peningkatan mutu pendidikan dan kemahasiswaan, 2) Peningkatan mutu penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, 3) Peningkatan kesejahteraan dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa, 4) Peningkatan kapasitas sumberdaya dan 5) Penguatan sistem manajemen.  Sasaran pengembangan Departemen Ilmu Ekonomi 2014-2018 tersebut juga memiliki keterkaitan yang kuat dengan pengembangan jangka panjang pembangunan pendidikan tinggi di Indonesia, Higher Education Long Term Strategies (HELTS) 2003-2010, yaitu memperkuat: (1) daya saing bangsa, (2) otonomi dan desentralisasi, dan (3) kesehatan organisasi.

Untuk mencapai sasaran tersebut, dilakukan kegiatan/program sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kualitas calon mahasiswa melalui seleksi yang dilakukan oleh IPB dengan memberikan informasi kekuatan dan reputasi Departemen Ilmu Ekonomi termasuk merekrut melalui undangan bagi calon mahasiswa yang memiliki prestasi khusus akademik di bidang ilmu ekonomi.
  2. Memaksimalkan perencanaan dan pengelolaan administrasi proses pendidikan baik S1 maupun S2 untuk peningkatan efisiensi penggunaan fasilitas pendidikan dan penelitian
  3. Mengembangkan infrastruktur pendukung seperti bahan ajar yang selalu terbarukan, baik melalui pengadaan buku teks, penerbitan jurnal ilmiah dan working paper serta langganan jurnal ilmiah di luar Departemen, baik yang di dalam dan luar negeri dan dapat diakses khususnya oleh mahasiswa
  4. Meningkatkan daya dukung lingkungan seperti perlengkapan dan peralatan yang mendukung proses pendidikan dan Penguatan web Departemen Ilmu Ekonomi untuk mendukung promosi, peningkatan kecepatan penyampaian informasi kepada sivitas akademika dan masyarakat.
  5. Mendapatkan dan mempertahankan peringkat A pada akreditasi BAN, dan melakukan upaya maksimal untuk mempertahankan akreditasi internasional atau kesetaraan internasional, baik pada program sarjana dan pascasarjana.
  6. Meningkatkan kompetensi staf pengajar/dosen dan staf pendukung (staf kependidikan) melalui pendidikan lanjutan, berbagai pelatihan, seminar, workshop, dan kegiatan-kegiatan yang mendukung peningkatan kapasitas dan kapabilitas edukasi dan administrasi
  7. Mengembangkan kerjasama pendidikan dan penelitian dengan lembaga-lembaga di dalam dan luar negeri, baik pemerintah maupun swasta
  8. Mengembangkan dan mendukung kegiatan-kegiatan kemahasiswaan yang dapat mendukung proses peningkatan softskill dan kemampuan manajerial
  9. Melakukan upaya pengakuan internasional melalui Double/Joint degree, Credit Earning atau Sandwich program dan Summer Course (terutama untuk program pascasarjana)
  10. Mengembangkan publikasi hasil-hasil penelitian melalui dokumentasi dan publikasi nasional dan internasional
  11. Mendorong para dosen dan peneliti untuk terlibat aktif dalam berbagai forum ilmiah nasional maupun internasional, diantaranya seminar, konferensi, workshop, serta keterlibatan dalam keanggotaan maupun kepengurusan organisasi profesi nasional maupun internasional
  12. Peningkatan peran Bagian/divisi dalam peningkatan pengembangan SDM dan jumlah publikasi
  13. Peningkatan jumlah/dana penelitian dan pengabdian masyarakat baik nasional maupun internasional

Strategi umum yang dikembangkan untuk mencapai tujuan yang telah dirumuskan meliputi:

  1. Pengembangan kecirikhasan (peculiarities) dan mazhab (school of tought) iptek dalam bidang ekonomi melalui pengembangan penelitian secara sistematis dan terarah.
  2. Pengembangan sarana dan prasarana pendidikan melalui pendekatan kerjasama baik dengan pihak stakeholder yang terkait maupun dengan pihak lain yang mempunyai kompeten terhadap pengembangan ekonomi.
  3. Pengembangan komitmen seluruh staf melalui peningkatan profesionalisme dan budaya akademik yang kondusif.
  4. Peningkatan kualitas pendidikan melalui reformasi sistem pendidikan dan kurikulum ke arah pendidikan berbasis kompetensi dan pengembangan Quality Assurance.
  5. Dinamisasi kehidupan kemahasiswaan (intra dan ekstra kampus) melalui pembentukan wadah kemahasiswaan yang meningkatkan kreatifitas dan inovasi mahasiswa.

Strategi yang akan dilakukan untuk mencapai sasaran tersebut di atas dilakukan melalui beberapa tahapan seperti yang diuraikan sebagai berikut :

Tahap Periode Tahun 2014-2015

Pada periode tahun 2013-2014 strategi yang dilakukan adalah : (1) mengembangkan penyelenggaraan sistem pendidikan tinggi yang bermutu untuk semua multistrata (program sarjana dan pascasarjana) di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Manajemen yang mampu menghasilkan lulusan dengan kompetensi yang tinggi di bidangnya melalui perubahan – perubahan di dalam kurikulum dengan menginternalisasikan dinamika perkembangan IPTEKS dan proses pembelajaran yang lebih berorientasi pada mahasiswa; (2) mengembangkan kurikulum yang selalu disesuaikan dengan perkembangan masyarakat; (3) mengembangkan kegiatan promosi secara kontinyu melalui berbagai media termasuk kompetensi ilmiah S1; (4) meningkatkan kualitas pembinaan kemahasiswaan sehingga lulusan mempunyai kompetensi bidang ekonomi dan manajemen, memiliki kepribadian yang berkualitas, kemampuan memimpin, kemampuan manajerial dan berorganisasi, dan mempunyai wawasan akademik yang baik; serta meningkatkan hubungan timbal balik dengan alumni.

Tahap Periode Tahun 2015-2016

Pada periode tahun 2015-2016,  strategi yang dilakukan adalah : (1) mengembangkan kompetensi dan komitmen staf dan lembaga secara sistematis dan terencana, serta menerapkan manajemen penyelenggaraan pendidikan tinggi secara profesional, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan, (2) mengembangkan penelitian inovatif dan aplikatif yang berbasis pada bidang ekonomi baik di dalam negeri maupun luar negeri; (3) meningkatkan jumlah publikasi ilmiah baik pada jurnal nasional terakreditasi maupun internasional

Tahap Periode tahun 2017-2018

Pada periode tahun 2017-2018,  strategi yang akan dilakukan adalah : (1) mengembangkan program-program pemberdayaan masyarakat melalui kerjasama baik dengan pemerintah daerah, pemerintah pusat maupun lembaga-lembaga lain dalam negeri dan luar negeri; (2) memperkuat hubungan kemitraan antara institusi dalam hal ini Departemen Ilmu Ekonomi dengan para pengusaha, alumni dan lembaga lainnya sehingga mampu mendorong penyebarluasan dan penerapan IPTEKS.