HIPOTESA SOCIAL RESPONSIBILITY 2018

0
43

HIPOTESA SOCIAL RESPONSIBILITY 2018

Pada hari Minggu, 18 November 2018 telah berlangsung kegiatan Hipotesa Social Responsibility yang bertemakan Journey to be the best Economics. Hipotesa Social Responsibility (HSR) merupakan kegiatan sosial yang diadakan secara tahunan oleh Himpunan Profesi dan Peminat Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (HIPOTESA). Acara ini diikuti oleh 13 pengurus HIPOTESA dan panitia HIPOTEX-R 15th. Hipotesa Social Responsibility pada tahun ini mengusung konsep yang berbeda dengan tahun sebelumnya karena menggandeng Desa Situ Ilir sebagai desa binaan Ilmu Ekonomi. Tujuan dari HSR adalah untuk mewujudkan tridharma perguruan tinggi dan melibatkan mahasiswa Ilmu Ekonomi untuk aktif dalam pembangunan desa. Selain itu, HSR 2018 memiliki tujuan khusus yaitu untuk mengumpulkan data kondisi Desa Situ Ilir yang kemudian akan dibina secara berkelanjutan sebagai desa binaan oleh HIPOTESA.

Acara diawali dengan berkumpul di rumah Bapak Dayat selaku ketua RW 05 Desa Situ Ilir. Peserta HSR dibagi menjadi empat kelompok sesuai dengan jumlah RT di RW 05. Tiap kelompok kemudian mengunjungi rumah tangga pada RT 1 hingga RT 4 dengan diantar oleh perwakilan tiap RT, yaitu Ibu RT. Rumah tangga yang dipilih merupakan rumah tangga yang memiliki potensi dalam pengembangan wirausaha. Peserta melakukan diskusi mengenai kondisi dan permasalahan yang dihadapi oleh rumah tangga.

Data yang terkumpul melalui diskusi dengan rumah tangga menunjukkan beragam permasalahan yang sedang dihadapi oleh rumah tangga, seperti kurangnya pengetahuan permodalan, pengolahan produk dengan nilai tambah lebih dan pemasaran produk. Selain itu, tidak hanya didapat permasalahan pada rumah tangga, tapi juga permasalahan antar masyarakat seperti kurang aktifnya kegiatan perkumpulan ibu rumah tangga dan pemuda. Data yang terkumpul berguna untuk perencanaan program binaan yang sesuai dengan permasalahan yang ada pada desa.
Setelah kegiatan diskusi selesai, peserta berkumpul kembali ke rumah Ketua RW 05. Acara dilanjutkan dengan penyampaian pesan dan kesan oleh para peserta HSR 2018. Salah satunya adalah Daffa, Ketua HIPOTESA Periode 2018/2019, menyampaikan bahwa acara ini diharapkan dapat terus berlanjut, tidak hanya kunjungan ini. Mahasiswa Ilmu Ekonomi diharapkan mampu memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada di Desa Situ Ilir, khususnya RW 05. Kedepannya, akan dilakukan turun lapang kembali untuk mengetahui kondisi desa di RW 01 hingga RW 04, sehingga didapatkan data kondisi desa secara menyeluruh. Acara kemudian ditutup dengan penyerahan bingkisan kepada Bapak Ketua RW dan foto bersama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here