Lokakarya IPB Ungkap Pentingnya Keterlibatan UMKM dalam Global Value Chains

0
261

TRIBUNNEWSBOGOR.COM – Saat ini, tidak bisa dipungkiri lagi akan pentingnya keterlibatan petani kecil dan usaha mikro, kecil menengah (UMKM) dalam apa yang disebut Global Value Chains (GVCs). Keterlibatan dalam GVCs mendorong peningkatan kesejahteraan pelaku UMKM dan petani. Persoalannya adalah petani kecil dan UMKM memiliki sejumlah kelemahan yang menyulitkan  mereka untuk bisa berintegrasi dalam GVCs.

Diantaranya kurangnya modal untuk melakukan ekspor dan ketidakmampuan untuk berhubungan dengan pembeli potential  di luar negeri. Oleh karena itu, untuk mendorong keterlibatan petani kecil dan UMKM dalam GVCs diperlukan dukungan pemerintah. Hal tersebut diungkapkan Direktur Perdagangan, Komoditas, dan Kekayaan Intelektual Kementerian Luar Negeri, Tri Purnajaya dalam Lokakarya “Optimalisasi G20: Integrasi Sektor Pertanian dalam Global Value Chains” di Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) Dramaga, beberapa waktu lalu.

“Sudah saatnya seluruh stakeholder pertanian dan pelaku UMKM bisa berfikir global dan bertindak lokal. Artinya kita harus bisa memanfaatkan peluang-peluang global dengan menciptakan produk-produk yang dibutuhkan oleh pasar global,” katanya. Read more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here