Kunjungan Akademik Himpunan Profesi dan Peminat Ekonomi Pembangunan (HIPOTESA) FEM IPB ke Thailand

0
55

Pada tanggal 14 – 17 Oktober 2018, Himpunan Profesi dan Peminat Ekonomi Pembangunan (HIPOTESA) FEM IPB telah melakukan kunjungan akademik ke Thailand yang dinamai Economics Trip 2018. Kunjungan tahun ini bertemakan World Trade Economy and Experience The Beauty of Thailand yang diikuti oleh 31 mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan dan 2 dosen pendamping, yaitu Bapak Dr. Tony Irawan, SE, M.App.Ec selaku Sekretaris Departemen Ilmu Ekonomi dan Dr. Muhammad Findi, SE, ME selaku Komisi Kemahasiswaan Ilmu Ekonomi.

Kunjungan akademik ini diawali dengan mendatangi ASEAN Studies Center di Chulalongkorn University guna memperoleh informasi tentang implementasi dan perkembangan ASEAN Community. Pemaparan materi ini disampaikan langsung oleh Asst. Prof. Piti Srisangnam, Ph.D selaku Direktur Bidang Akademik ASEAN Studies Center Chulalongkorn University dengan judul materi ASEAN at 50s: More Sexy Than Ever, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dilakukan secara aktif oleh mahasiswa maupun dosen Ilmu Ekonomi, lalu diakhiri dengan pemberikan plakat dan cinderamata oleh perwakilan dosen Ilmu Ekonomi.

Masih dalam rangkaian Economics Trip 2018, kunjungan akademik selanjutnya ialah Kedutaan Besar Republik Indonesia di Bangkok. Kegiatan ini dibuka oleh sambutan hangat dari Kepala Perwakilan RI Atase Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr. Mustari, M.Pd beserta stafnya dan juga sambutan dari perwakilan dosen Ilmu Ekonomi. Dalam sambutannya Prof. Dr. Mustari, M.Pd menyatakan apresiasinya terhadap kegiatan akademik mahasiswa ke luar negeri yang bertujuan untuk menambah wawasan internasional dalam rangka menghadapi MEA dan mendukung adanya kerjasama antara Departemen Ilmu Ekonomi IPB dan universitas ataupun institusi pendidikan di Thailand, harapannya hal ini dapat diterapkan oleh berbagai kampus di Indonesia. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab mengenai kondisi ekonomi dan budaya Thai serta penjelasan terkait program magang ataupun pertukaran pelajar yang tersedia di Thailand dan ditutup dengan pemberian plakat serta cinderamata dari IPB.

Kegiatan Economics Trip 2018 berakhir dengan diadakannya kunjungan ke Asia-Pacific Research and Training Network on Trade (ARTNeT), istitusi dibawah The United Nations Economic and Social Commission for Asia and The Pacific (ESCAP). Kegiatan ini diawali dengan perkenalan mengenai United Nations dan UN ESCAP oleh salah satu stafnya, diikuti dengan pemaparan materi dan sesi tanya jawab mengenai ARTNeT, program kerja, dan penelitian terakhir terkait perdagangan internasional termasuk salah satunya perang dagang antara Amerika Serikat dan Cina oleh Dr. Alexey Kravchenko, kemudian pemberian plakat dan cinderamata dari IPB untuk ARTNeT. Kunjungan diakhiri dengan ajakan untuk berkeliling dan berfoto di dalam gedung serta hall United Nations.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here