User Registration

or Batal

Layanan Mahasiswa

Kompetensi dan Mandat

Visi dari PS Ekonomi Studi Pembangunan (ESP) adalah sebagai berikut:

Menjadi program studi pusat unggulan pendidikan, penelitian dan pelayanan pada masyarakat wilayah tropika dalam bidang ekonomi yang berwawasan holistik dan berorientasi pada keberlangsungan pembangunan ekonomi berkelanjutan bagi peningkatan kesejahteraan umat manusia”.

PS ESP menetapkan misi sebagai berikut:

Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pelayanan pada masyarakat yang berkualitas dalam bidang ekonomi yang berwawasan holistik, melalui pendekatan inovatif dengan mengembangkan budaya dan sikap bekerjasama seraya berkompetisi (competition) disertai semangat prima (spirit of excellent) dalam diri para pemegang amanat (stakeholder)-nya untuk keberlangsungan pembangunan ekonomi berkelanjutan bagi peningkatan kesejahteraan umat manusia”.

Kompetensi khusus/penunjang yang diharapkan dimiliki oleh Program Studi Ekonomi dan Studi Pembangunan (PE ESP), antara lain:

  1. mampu menjelaskan teori-teori dasar Ilmu Ekonomi baik ekonomi  mikro maupun ekonomi makro dalam pemecahan masalah dan  pengambilan keputusan yang berkaitan dengan pembangunan ekonomi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif maupun kualitatif;
  2. mampu mengaplikasikan Ilmu Ekonomi dan keahliannya dalam suatu riset ilmiah terhadap berbagai fenomena dan persoalan yang  terkait keuangan-moneter-dan perbankan; perdagangan-industri dan regional dan yang berkembang di masyarakat baik dalam konteks regional, nasional dan internasional;
  3. memiliki kepekaan dan kemampuan berpikir kritis dan kreatif terhadap berbagai kebijakan pemerintah (kebijakan ekonomi dan pembangunan secara umum) yang berimplikasi terhadap kesejahteraan masyarakat luas;
  4. mampu mengembangkan ilmu yang ditekuninya secara terarah dan mandiri melalui kegiatan penelitian.

Visi dari PS Ilmu Ekonomi Syariah (PS IES) adalah:

Menjadi pusat keunggulan (center of excellence) dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengembangan serta advokasi Ekonomi Syariah yang bertaraf internasional dan menjadi rujukan terkemuka di Indonesia”.

Sedangkan misi PS IES adalah:

Menyelenggarakan pendidikan gelar mayor Ilmu Ekonomi Syariah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan akreditasi unggul; merancang dan mendorong kegiatan-kegiatan akademis, khususnya penelitian dan pengembangan dalam bidang ekonomi syariah beserta terapan-terapannya; berpartisipasi aktif dalam kegiatan advokasi dan sosialisasi ekonomi syariah kepada masyarakat; mengembangkan kapasitas kelembagaan Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB khususnya dalam hal peningkatan kualitas dan pendayagunaan sumberdaya manusianya”.

Kompetensi utama lulusan Program Sarjana Ilmu Ekonomi Syariah:

“mampu menjelaskan, menganalisis permasalahan-permasalahan ekonomi dan melahirkan sejumlah kebijakan dengan   pendekatan ekonomi alternatif yaitu ekonomi syariah, di lingkup makro maupun mikro.”

Kompetensi pendukung lulusan PS-IES: 

  1. memiliki pemahaman mengenai  dasar ilmu ekonomi, ilmu syariah dasar, dan ilmu-ilmu ekonomi syariah ataupun terapan, sehingga dapat diterapkan dalam menganalisis masalah di masyarakat dan memberikan alternatif kebijakan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan praktik ekonomi syariah.
  2. memiliki kemampuan menganalisis secara kuantitatif, sehingga dapat melakukan analisis di bidang ilmunya baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Pengayaan materi di bidang perbankan, keuangan, kewirausahaan, manajemen, dan bisnis dengan pendekatan syariah sebagai alternatif bekal bagi lulusan yang ingin menjadi praktisi di bidang perbankan syariah ataupun berkarir sendiri sebagai wirausaha.

Selain kompetensi utama dan pendukung, PS-IES memiliki kompetensi lain yang menjadi pilihan lulusannya, yaitu:

“memiliki pemahaman di bidang keilmuan lain seperti komunikasi, manajemen, ekonomi lingkungan, agribisnis, dan juga ilmu mengenai ekologi dan kemasyarakatan, statistik,  dan komputer melalui pilihan minor ataupun supporting course dengan harapan dapat memperkaya dan menunjang ilmu ekonomi syariah dalam penerapannya dalam kehidupan bermasyarakat”.

Visi dari Program Pascasarjana Ilmu Ekonomi (Magister IE) adalah:

Menjadi program Magister IE yang bertaraf Internasional dan rujukan terkemuka   di Indonesia ».

Dan misi dari Program Pascasarjana Ilmu Ekonomi (Magister IE) adalah:

Menyelenggarakan  pendidikan, penelitian dan pelayanan pada masyarakat yang berkualitas dalam bidang ekonomi yang berwawasan holistik, melalui pendekatan inovatif dengan mengembangkan  budaya dan sikap bekerjasama seraya berkompetisi (competition) disertai semangat  prima  (spirit  of excellent)  dalam  diri para pemegang  amanat  (stakeholder)-nya untuk keberlangsungan pembangunan ekonomi  berkelanjutan bagi  peningkatan kesejahteraan umat manusia ».

Kompetensi khusus/penunjang yang diharapkan dimiliki lulusan program Magister IE:

    1. mampu menjelaskan  teori-teori dasar Ilmu Ekonomi dengan menggunakan  pendekatan kuantitatif maupun kualitatif;
    2. mampu  mengaplikasikan   Ilmu  Ekonomi  dalam  suatu  riset  ilmiah  terhadap  berbagai fenomena dan persoalan yang berkembang di masyarakat baik dalam konteks regional, nasional dan internasional;
    3. memiliki   kepekaan   dan  kemampuan   berpikir   kritis   dan  kreatif   terhadap   berbagai kebijakan pemerintah (kebijakan ekonomi dan pembangunan secara umum) yang berimplikasi terhadap kesejahteraan masyarakat luas;
    4. mampu  mengembangkan  ilmu  yang  ditekuninya  secara  terarah  dan  mandiri  melalui kegiatan penelitian.
Rate this item
(0 votes)
More in this category: « Struktur Organisasi