Dosen Tamu Departemen Ilmu Ekonomi IPB : “Introduction to R: an Open Source Statistical Program”

0
83

Kuliah Tamu Departemen Ilmu Ekonomi IPB : “Introduction to R: an Open Source Statistical Program”

Departemen Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor melaksanakan kuliah tamu yang bertajuk “Introduction to R: an Open Source Statistical Program” pada Rabu,10 Oktober 2018 di Common Class Room IPB Dramaga. Dalam kesempatan kali ini, kuliah tamu tersebut mengundang Mr Jack Hetherington yang merupak peniliti dari University of Adelaide, Australia. Acara yang dilaksanakan pukul 10.00 WIB hingga 12.30WIB ini juga turut dihadiri Kepala Departemen Ilmu Ekonomi FEM IPB Dr. Sahara, S.P, M.Si yang sekaligus membuka acara kuliah tamu tersebut.

Dr. Sahara dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal terkait pelaksanaan kuliah tamu kali ini. “ Tujuan Departemen Ilmu Ekonomi melaksanakan kuliah tamu ini adalah untuk mencegah mahasiswa menggunakan produk software pengolah data yang belum berlisensi. Apabila mahasiswa menggunakan R sebagai software pengolah data, mahasiswa tidak harus membeli lisensinya karena bersifat open source yang mana semua orang bisa mendownloadnya. Kebutalan saya sedang ada pekerjaan dengan Mr Jack Hetherington yang sudah fasih dalam menggunakan R. Ketika saya menanyakan apakah Mr Jack Hetherington dan ternyata menyanggupi, maka terlaksanalah kuliah tamu kita hari ini.” Ungkap Dr. Sahara saat menyampaikan sambutannya.

Dalam acara tersebut, Mr Jack Hetherington juga turut menyampaikan beberapa hal terkait software pengolah data R. “ Sebenarnya, saya menggunakan banyak software pengolah data, mulai dari Stata, Eviews, dll. Semua software tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, salah satu hal yang membedakan R dengan yang lain ialah R bersifat Open Source yang membuat semua orang bisa menggunakan software original tanpa harus mendownload software tak berlisensi. Saya sendiri belum menganggap diri saya ahli dalam aplikasi ini, Namun saya berharap apa yang saya berikan hari ini bisa bermanfaat untuk penelitian anda semua.” Jelas Mr Jack Hetherington sebelum memulai kuliah tamu tersebut.

Acara tersebut berlangsung dengan baik, Mr Jack Hetherington pun tak segan membantu peserta yang kesulitan mengoprasikan software R tersebut. Kuliah tamu kali ini pun dihadiri oleh mahasiswa dari berbagai jenjang mulai dari sarjana hingga pasca sarjana. Dalam kesempatan kuliah tamu tersebut pun juga turut diikuti beberapa mahasiswa internasional yang sedang menempuh studi di IPB. Setelah 2 jam lebih peserta mempraktikan cara mengoprasikan software R tersebut, acara pun berakhir dengan riuh tepuk tangan, serta penyerahan kenang-kenangan kepada Mr Jack Hetherington dari Departemen Ilmu Ekonomi FEM IPB.

SHARE
Previous articleTHE 15TH HIPOTEX-R 2018
Next article

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here